Pelecehan Seksual

"Di mana kejadiannya ?"
"Di Kelas Pak, .."
"Ehm .. terus apa yang dilakukan terhadap teman perempuannya tadi .. ?"
"Anu Pak … ee, … anu …"
"Anu apa, .. ayo ceritakan ke Pak Anang ! Jangan takut .. !"
"Ee .. dipegang anunya Pak … ""Anunya apa … ?"
"E .. payudaranya Pak !"
"Masya Allah … Astaghfirullah !"

Cerita di atas adalah kejadian nyata yang terjadi di lingkungan sekolah kalian. Kejadian yang menggambarkan betapa perilaku anak-anak sekarang sudah sedemikian parah, menjurus pada kejahatan dan pelecehan seksual, seperti yang dilakukan temanmu. Dan juga kejadian serupa yang terjadi hari Jum'at tanggal 10 Nopember 2006 yang lalu, ketika tiga siswa laki-laki secara beramai-ramai melakukan tindak pelecehan seksual pada teman wanita dengan memegang paksa payu daranya, di dalam kelas saat istirahat.
Bukan tidak mungkin hal-hal serupa atau yang lebih parah dari kisah di atas menimpa kalian. Baik apakah hal itu terjadi di lingkungan rumah, sekolah atau masyarakat. Dan pelakunya bisa saja orang-orang yang sama sekali tidak kalian duga. Bisa teman sekolah, teman bermain, guru, saudara, paman, om dan sebagainya. Lalu apa dan bagaimana sih pelecehan seksual itu ?

Pengertian
Tindak kekerasan/pelecehan seksual adalah pemaksaan secara seksual dimana ketika orang  lain, menyentuh, meraba, memegang, mencium, memeluk bagian-bagian tubuh seseorang. Kekerasan seksual tidak hanya berupa perilaku, tapi bisa berupa kata-kata, misalnya mengatakan ha-hal yang  jorok, atau menyebut bagian-bagian tubuh tertentu.
Sebab-sebab terjadinya kekerasan/pelecehan seksual.
1.      Rendahnya keimanan terhadap Tuhan Allah SWT
2.      Pergaulan di lingkungan yang kurang sehat
3.      Cara berpakaian wanita yang  terlalu menarik nafsu lawan jenis
4.      Sikap atau perilaku atau ucapan wanita yang terlalu permisif atau mengundang pria untuk menggoda dan melecehkan
Cara menjaga atau melindungi diri dari tindak kekerasan/pelecehan seksual.
1.      Meningkatkan keimanan kita kepada Tuhan YME
2.      Berpenampilan sopan menutup aurat
3.      Jaga ucapan, tindakan yang memancing nafsu birahi lawan jenis Kalian, hindari "lemer" (menyentuh , nggablok teman lawan jenis bila sedang bicara)
 4.      Selektif dalam pergaulan
5.      Jangan mudah percaya pada orang lain
6.      Jangan mudah menerima ajakan apapun dari orang yang tidak dikenal
7.      Hindari untuk pergi berdua dengan seseorang walaupun dia teman. Usahakan pergi dalam kelompok dengan teman yang sudah di kenal.
8.      Selalu laporkan apa yang terjadi pada dirimu kepada orang tua atau orang yang Kalian  percaya.
9.      Sampaikan keingintahuan atau masalah yang kamu alami dengan orang lain kepada orang yang Kalian  percaya. Jangan dipendam sendiri.
10.  Bila mendapat bujukan, rayuan, atau ancaman dari seseorang yang ingin menyentuh tubuh Kalian  atau melakukan sesuatu pada tubuh Kalian , tolak ajakannya dengan tegas, tunjukkan bahwa  kalian sangat marah dan tersinggung dengan tingkah lakunya itu, sekalipun yang melakukan hal itu adalah orang yang sangat kalian segani seperti Gurumu misalnya. Jangan  menunjukkan sikap pringisan, senyum-senyum atau cengengesan, karena bisa saja itu dianggap bahwa kalian senang dengan perlakuan tidak senonoh yang dilakukan orang tersebut. Segeralah tinggalkan orang tersebut, dan laporkan kepada orang tua, Guru, Konselor atau orang yang Kalian  percaya.         
 
           Semoga dengan tulisan ini kalian bisa menjaga diri dari tindak perbuatan pelecehan seksual yang dilakukan orang lain pada kalian seperti kisah dan gambar-gambar di atas. Dan Ingat ! Pelecehan Seksual tidak hanya bisa dilakukan oleh anak laki-laki terhadap anak perempuan ! Beberapa kasus menunjukkan bahwa anak perempuan pun ada juga yang melakukan tindak pelecehan seksual pada anak laki-laki !
               So .. kalian anak laki-laki juga harus berhati-hati !


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Konseling

Foto saya
Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia
VISI : Terwujudnya perkembangan diri dan kemandirian secara optimal dengan hakekat kemanusiaannya sebagai hamba Allah SWT, sebagai makhluk individu, dan makhluk sosial dalam berhubungan dengan manusia dan alam semesta. Misi : Menunjang perkembangan diri dan kemandirian siswa untuk dapat menjalani kehidupannya sehari-hari sebagai siswa secara efektif, kreatif, dan dinamis serta memiliki kecakapan hidup untuk masa depan karis dalam : 1.Pemahaman perkembangan diri dan lingkungan 2.Beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT 3.Pengarahan diri ke arah dimensi spiritual 4.Pengambilan keputusan berdasarkan IQ, EQ, dan SQ 5.Pengaktualisasian diri secara optimal
Anang Dwijo Suryanto. Diberdayakan oleh Blogger.