Tentang Motivasimu Nak ..

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang yang memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang dengan sungguh-sungguh, tekun.
Berkaitan dengan motivasi ini, marilah anak-anak sekalian mengkaji bagaimana motivasi kalian untuk sekolah, untuk belajar di SMP Negeri 3 Bagor ini. Tujuan apa yang ingin kalian capai dengan bersekolah di sini. Tentunya kalian ingin mendapatkan ilmu yang bermanfaat, mendapatkan pendidikan akhlak budi pekerti yang mulia, pintar dan pandai, yang kesemuanya akan mengantarkan kalian pada kesuksesan hidup. Baik sukses hidup di dunia ini maupun di akherat kelak. Pertanyaannya sekarang, menurut kalian apakah tujuan kalian itu mulia ? Apakah tujuan kalian itu besar dan luar biasa ? Jika jawaban kalian "YA", maka tentu tak layak jika untuk mencapai tujuan yang besar, luar biasa dan mulia itu yang kalian lakukan hanya asal-asalan, tidak bersemangat, tidak tekun, dan tidak dengan motivasi yang tinggi. Tujuan dan cita-cita yang besar hanya bisa dicapai dengan semangat, motivasi, ketekunan dan kedisiplinan yang tinggi.
Dan motivasi yang ideal itu adalah ketika motivasi itu berasal dari dalam dirimu sendiri. Bukan karena paksaan orang tuamu, bukan karena rasa takut pada orang tua atau gurumu. Atau bukan juga karena ancaman hukuman. Melainkan karena semata-mata kalian menyadari akan kebutuhan tujuan yang ingin kalian capai itu. Lalu apakah dengan contoh-contoh gambar di bawah ini sudah menggambarkan tingginya motivasi kalian ?

Masih banyaknya siswa terutama kelas IX yang terlambat masuk kelas atau LES. Meskipun bel tanda masuk sudah berbunyi beberapa menit sebelumnya, ternyata masih banyak siswa yang belum hadir.

 Siswa terlambat




Sering dan banyaknya siswa diberi sanksi karena tidak tertib atau tidak mengerjakan PR. 
Atau yang tidur di kelas …

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Konseling

Foto saya
Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia
VISI : Terwujudnya perkembangan diri dan kemandirian secara optimal dengan hakekat kemanusiaannya sebagai hamba Allah SWT, sebagai makhluk individu, dan makhluk sosial dalam berhubungan dengan manusia dan alam semesta. Misi : Menunjang perkembangan diri dan kemandirian siswa untuk dapat menjalani kehidupannya sehari-hari sebagai siswa secara efektif, kreatif, dan dinamis serta memiliki kecakapan hidup untuk masa depan karis dalam : 1.Pemahaman perkembangan diri dan lingkungan 2.Beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT 3.Pengarahan diri ke arah dimensi spiritual 4.Pengambilan keputusan berdasarkan IQ, EQ, dan SQ 5.Pengaktualisasian diri secara optimal
Anang Dwijo Suryanto. Diberdayakan oleh Blogger.