Ujian Nasional SMPN 3 Bagor Dalam Ikhtiar dan Doa

Waktu kian mendekat ke saat pelaksanaan Ujian Nasional. Seperti tamu agung, tamu penting, yang harus dijamu dan dihadapi dengan segala pelayanan terbaik untuk menghormatinya. Demikian juga dengan Ujian Nasional. Gawe besar yang sangat menentukan berhasil tidaknya kelas IX SMPN 3 Bagor dalam menempuh studi selama 3 tahun ini, juga disambut dengan segala hingar bingar penuh semangat dan motivasi.
Berbagai upaya dilaksanakan dalam rangka membekali siswa untuk lebih siap dan fight dalam menghadapi Ujian Nasional. Tambahan pelajaran ( LES ) yang telah dimulai tiga empat bulan sebelumnya, Try Out yang dilaksanakan hingga 3 kali. Pemantapan materi Mapel Emas Unas, dua minggu menjelang Ujian Nasional, yang  terpaksa harus mengorbankan adik-adik kelas VII dan VIII. Akibat keterbatasan Guru, sehingga pada saat yang sama Guru Mapel Nas mengajar di kelas VII atau VIII, sekaligus mengajar kelas IX.  Dan tentu saja adik-adik kelas harus mengalah pada kakaknya. Upaya spiritual sholat dhuha rutin terjadwal per kelas yang dilaksanakan setelah jam pelajaran pemantapan, sampai dengan Istighosah, dilakukan untuk lebih memberikan persiapan yang matang pada siswa menghadapi Ujian. Beberapa siswa berkunjung ke SD nya dulu, untuk mohon restu pada Bapak Ibu Guru SD.
Setelah Ikhtiar dan doa dilaksanakan, dan saat pelaksanaan ujian tiba, maka yang bisa dilakukan hanyalah berusaha menghadapi ujian dengan sebaik-baiknya. Seoptimal mungkin, all out. Ibarat seorang pendekar ketika berlaga maka mengeluarkan segala kemampuan dan jurus yang dimilikinya. Tapi anak-anakku semua, kalian tetap harus menghadapinya dengan cara-cara yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Hindari menghalalkan segala cara dalam mencapai apapun tujuan kalian. Hindari kecurangan, walaupun mungkin itu dianjurkan oleh gurumu sekalipun. Pegang  teguh prinsip KEJUJURAN, PERCAYA DIRI DAN MANDIRI yang selama ini telah Pak Anang canangkan dan doktrinkan pada kalian. Ingat juga motto Ujian Nasional tahun ini JUJUR BERPRESTASI !
Nah, .. setelah Persiapan kalian lakukan, Ujian Nasional telah kalian hadapi dan laksanakan, maka langkah terakhir kalian adalah TAWAKKAL kepada Allah, apapun hasilnya. Jika sesuai harapan kalian BERSYUKURLAH. Bila kalian gagal, BERSABARLAH. Ingat, .. kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Susun kembali rencana dan langkah ke depan. Jangan berlarut dalam kesedian dan putus asa, karena sangat dilarang oleh Allah.  Tahukah kalian, Thomas Alfa Edison berhasil menciptakan lampu listrik yang sangat spektakuler dan bermanfaat ini setelah gagal ribuan kali dalam percobaan.
Terakhir,.. semoga pelaksanaan Ujian Nasional di SMPN 3 Bagor tahun ini berjalan lancar dan sukses ! Sukses pelaksanaannya, dan sukses hasilnya. 100% LULUS bagi kalian !

SELAMAT BERJUANG ANAK-ANAKKU !
KAMI YAKIN KALIAN MAMPU. DAN BISA !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Konseling

Foto saya
Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia
VISI : Terwujudnya perkembangan diri dan kemandirian secara optimal dengan hakekat kemanusiaannya sebagai hamba Allah SWT, sebagai makhluk individu, dan makhluk sosial dalam berhubungan dengan manusia dan alam semesta. Misi : Menunjang perkembangan diri dan kemandirian siswa untuk dapat menjalani kehidupannya sehari-hari sebagai siswa secara efektif, kreatif, dan dinamis serta memiliki kecakapan hidup untuk masa depan karis dalam : 1.Pemahaman perkembangan diri dan lingkungan 2.Beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT 3.Pengarahan diri ke arah dimensi spiritual 4.Pengambilan keputusan berdasarkan IQ, EQ, dan SQ 5.Pengaktualisasian diri secara optimal
Anang Dwijo Suryanto. Diberdayakan oleh Blogger.