Siapa Suruh Jujur Part Two

Di artikel seri kedua ini, menindaklanjuti layanan Informasi klasikal dengan tema “Menumbuhkan Kejujuran” yang telah diberikan pada kelas VII, terkait dengan usainya Ujian Akhir Semester, kami mengadakan survey terhadap kelas VII sehubungan dengan bagaimana pelaksanaan Ujian Akhir Semester tersebut dan juga UASBN ketika mereka SD dulu. Dari 120 siswa yang menjadi responden, kesemuanya tidak ada yang menjawab "YA" atas pertanyaan, "Apakah kamu jujur dalam mengerjakan soal Ujian Semester kemaren ?" Ini artinya seluruh siswa melakukan kecurangan dalam mengerjakan soal, mulai dari yang paling ringan bertanya kepada temannya, sampai mencontek dengan membuka buku atau catatan. Adapun survey tentang pelaksanaan UASBN SD, dilakukan terhadap responden dari seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 120 anak terdiri dari kelas VII A,B,C dan D, dengan memberikan pertanyaan terkait dengan pelaksanaan UASBN. Kepada responden ditekankan untuk bersikap jujur dalam menjawab pertanyaan, karena ini sebagai implementasi nyata karakter jujur yang baru saja disampaikan dalam materi informasi. Pertanyaan dimaksud meliputi :
1. Apakah saat Ujian SD, kamu mengerjakan soal secara jujur ?
2. Apakah saat Ujian SD kamu dibantu oleh gurumu dalam mengerjakan soal ?
3. Jika jawaban no 2 kamu adalah YA, bagaimana cara Guru mu melakukannya ?

Dan hasil survey tersebut menunjukkan hasil sebagai berikut :
  1. Pertanyaan Pertama : 96,77% siswa menjawab "TIDAK" 
  2. Pertanyaan Kedua   : 52,42% siswa menjawab "YA" 
  3. Pertanyaan Ketiga  :
  •  62,30% siswa menjawab siswa menjawab "Diberi jawaban di kertas kecil" 
  • 2,42% siswa menjawab "Mendapat jawaban lewat SMS" 
  • 3,23% siswa menjawab "Diberi jawaban oleh Pengawas"  
  • Sebanyak 19,16% siswa tidak menjawab
Jika dibandingkan dengan survey tahun sebelumnya, hal ini menunjukkan kemajuan yang sangat baik, di mana pertanyaan tentang pemberian bantuan oleh guru yang sebelumnya dijawab "YA" oleh siswa sebanyak 97,30% turun menjadi 52,42%. Artinya turun 44,88%. 
Semoga ke depan prosentase ini semakin menurun hingga ke titik 0%. Amiin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Konseling

Foto saya
Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia
VISI : Terwujudnya perkembangan diri dan kemandirian secara optimal dengan hakekat kemanusiaannya sebagai hamba Allah SWT, sebagai makhluk individu, dan makhluk sosial dalam berhubungan dengan manusia dan alam semesta. Misi : Menunjang perkembangan diri dan kemandirian siswa untuk dapat menjalani kehidupannya sehari-hari sebagai siswa secara efektif, kreatif, dan dinamis serta memiliki kecakapan hidup untuk masa depan karis dalam : 1.Pemahaman perkembangan diri dan lingkungan 2.Beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT 3.Pengarahan diri ke arah dimensi spiritual 4.Pengambilan keputusan berdasarkan IQ, EQ, dan SQ 5.Pengaktualisasian diri secara optimal
Anang Dwijo Suryanto. Diberdayakan oleh Blogger.